Cara Membersihkan Kaca Helm yang benar

Cara Membersihkan Kaca Helm

Kaca helm atau yang disebut visor berfungsi untuk melindungi mata dan wajah pengguna motor dari debu, air hujan ataupun teriknya sinar matahari. Ketika kaca kotor dan buram, kenyamanan dalam berkendara bisa terganggu.  Terus gimana cara membersihkan kaca helm tersebut?

Metode paling umum agar visor kinclong seperti baru adalah membersihkan pakai visor cleaning kit (dibeli secara online atau bengkel).

Tapi tahukah anda kalau kita tidak perlu beli pembersih kaca helm mahal, alternatifnya bisa menggunakan hand sanitizer dan minyak kayu putih. Walaupun terdengar nyeleneh tapi percaya atau tidak, sudah banyak rider yang sudah membuktikan keampuhan dari keduanya.

Cara Membersihkan Kaca Helm

Sangatlah penting untuk menjaga kaca helm tetap bersih. Sayang, tidak semua masyarakat Indonesia tahu bagaimana cara melakukan itu.

Masalahnya jika salah langkah maka bisa dipastikan kaca helm malah jadi buram menguning. Kesalahan yang sering terjadi adalah penggunaan cairan berbahan kimia keras ataupun membersihkan tanpa dibasahi terlebih dahulu.

Cara Membersihkan Kaca Helm
© diambil dari pxhere.com

Cairan pembersih seperti hand sanitizer dirasa masih aman digunakan pada mika kaca helm. Jenis lain yang bisa digunakan antara lain pembersih kaca mata dan monitor komputer. Sama sama bisa bikin bening tapi disarankan memakai si pembersih tangan karena dari harga jauh lebih murah.

Masih ragu? Bisa tes terlebih dahulu dengan meneteskan cairan pembersih di bagian pinggir kaca helm. Coba dilihat bagaimana reaksi kaca helm, jika malah buram maka jangan dipakai.

Untuk mengelap mika kaca, kita bisa memakai kain bersih dengan tekstur yang halus. Yang dianjurkan adalah memakai kain microfiber. Tujuannya untuk mengurangi kemungkinan muncul baret pada kaca helm.

Alat dan Bahan:

  • Kaca helm yang sudah buram
  • Hand sanitizer
  • Kain halus untuk hand sanitizer
  • Kain halus untuk mengeringkan
  • Air

Berikut ini bagaimana cara membersihkan kaca helm yang benar:

  1. Sebaiknya lepas dulu kaca helm agar pembersihan lebih mudah
  2. Bawa visor di bawah kran, gunakan air mengalir untuk merontokkan kotoran yang menempel
  3. Basahi kain halus dengan hand sanitizer, ratakan ke semua kaca yang terlihat kotor
  4. Diamkan beberapa saat lalu gunakan kain yang masih kering untuk mengelap sisa hand sanitizer
  5. Ulangi proses 3 – 4 pada kaca helm bagian dalam
  6. Proses sudah selesai, bisa dicek ulang kembali adakah kotoran yang tersisa

Jika kaca kusam dan terlihat sangat kotor, sebaiknya gunakan air hangat untuk bilasan pertama. Suhu air yang hangat lebih  ampuh merontokkan kotoran membandel. Selain itu bisa mengatasi jamur yang muncul pada kaca helm.

Mudah kan? Kita hanya perlu meluangkan sedikit waktu, tidak sampai 5 menit.

Jangan malas untuk membersihkan helm dari pada menyesal ketika harus mengganti dengan yang baru. Apalagi kita tahu visor adalah bagian penting yang harganya cukup mahal dan paling mudah kotor.

Cara Menghilangkan Goresan pada Kaca Helm

Cara membersihkan kaca helm yang sembrono misal mengosok mika helm tanpa pelumasan terlebih dahulu bakal menyebabkan kaca tergores. Jelas goresan ini tidak bisa diatasi dengan dibersihkan saja.

Kita perlu bahan untuk menyamarkan lubang goresan yang ada di kaca helm. Para profesional menyarankan rubbing white compound sedangkan alternatif bisa dengan odol (pasta gigi). Keduanya hanya untuk mengatasi baret tipis namun tidak untuk yang dalam.

cara membersihkan kaca helm yang buram
© diambil dari pxhere.com

Dengan Rubbing White Compound

Bahan ini bisa dibeli di bengkel reparasi, sering digunakan untuk mengatasi lecet, baret, luka halus pada bodi mobil dan motor. Harganya cukup murah, beli saja botol paling kecil.

Biar permukaan kaca helm jadi rata kembali, bagian yang tergores harus diamplas terlebih dahulu. Gunakan amplas terhalus, ukuran yang bisa digunakan antara 1500 dan 2200. Sebaiknya dites dulu, apakah kaca helm anda tahan amplas atau tidak.

Alat dan Bahan:

  • Kaca helm tergores
  • White compund
  • Amplas paling halus
  • Air
  • Kain halus kering

Langkah:

  1. Lepaskan kaca dari bodi helm agar lebih mudah
  2. Cuci kaca helm dengan air mengalir
  3. Dalam keadaan masih diguyur air mengalir, amplas bagian yang tergores dengan amplas paling halus
  4. Diamkan hingga kering, mika kaca helm akan terlihat sedikit buram
  5. Poles bagian yang ada goresan tadi dengan white compound  pakai kain kering dengan gerakan memutar

Dengan Pasta Gigi

Banyak rider Indonesia yang menyarankan penggunaan odol untuk mengatasi baret tipis pada kaca helm, yang dipakai adalah pasta gigi non gel. Meskipun terdengar aneh namun cara membersihkan kaca helm ini sudah terbukti ampuh.

Cara Membersihkan Kaca Helm dengan odol
© diambil dari pxhere.com

Sudah banyak bukti kehebatan si odol ini, orang tua jaman dulu memakainya untuk menyamarkan goresan tipis pada kaca rumah, cincin dan perabotan beling. Hasilnya bisa kembali kinclong seperti baru.

Dalam dunia otomotif, pasta gigi dipercaya menyamarkan baret di bodi motor dan mobil.

Alat dan Bahan:

  • Kaca helm yang baret
  • Pasta gigi non gel
  • Kain kering
  • Air

Langkah:

  1. Sebaiknya dilepas terlebih dahulu kalau kaca helm kotor sekali
  2. Gunakan air mengalir untuk merontokkan kotoran yang tertempel
  3. Oleskan pasta gigi dengan tangan, searah dengan goresan. Jadi misalkan goresan ke atas maka oleskan ke atas juga. Lakukan dengan sedikit gerakan menekan nekan.
  4. Diamkan beberapa saat hingga mengering
  5. Kikis sisa pasta gigi dengan hati hati agar tidak bikin lecet baru
  6. Lap dengan kain kering sampai bersih dan bening

Jika cara di atas belum bisa mengatasi goresan pada visor maka mau tidak mau harus menggantinya dengan yang baru. Silahkan ke toko helm terdekat, di sana sudah bonus jasa pemasangan.

Untuk harga kaca helm tergantung jenis bahan namun banyak kok yang di bawah lima puluh ribu rupiah.

Pada dasarnya kedua metode di atas hanya bisa untuk lecet tipis karena pemakaian sehari hari. Tidak bisa menutup yang parah, misal karena terjatuh saat berkendara.

Tips agar Kaca Helm Awet

Faktor cuaca, debu dan asap kendaraan bisa memicu munculnya jamur dan baret baret. Akhirnya kaca menjadi buram sehingga mengganggu pandangan pengendara.

Oleh karena itu bagi yang sering berkendara harus membersihkan helm sesering mungkin. Berikut ini cara merawat kaca helm supaya lebih awet,

  • Segera bersihkan helm anda terutama bagian kaca dengan mengelapnya pakai tisu basah. Hal ini penting sekali dilakukan apalagi setelah dipakai perjalanan jauh atau kehujanan di jalan
  • Jangan terlalu sering menggunakan “cairan pembersih berbahan kimia”, kecuali kaca helm sudah benar benar kotor. Penggunaan yang berlebihan malah membuat kaca jadi kusam
  • Simpan helm pada tempat yang aman dan tidak gampang jatuh, tidak ada salahnya membungkus pakai kantong helm
  • Jangan biarkan helm berada di tempat parkiran yang panas terlalu lama. Solusinya bisa dimasukkan dalam jok, dititipkan di petugas parkir atau dibawa saja
  • Jangan memegang mika helm dengan tangan langsung terutama ketika tangan kotor. Sama halnya dengan kaca mata, minyak dari keringat akan meninggalkan bekas pada kaca helm. Bekas berbentuk sidik jari ini membuat debu dan asap lebih mudah menempel. Hasilnya kaca lebih cepat buram.

Akhir Kata

Helm merupakan salah satu bagian terpenting untuk menjaga keamanan berkendara. Apabila sudah terlihat sangat buram sebaiknya ganti dengan yang baru. Lakukan pergantian setiap 1-2 tahun, bisa lebih cepat tergantung penggunaan dan kualitas.

Sekian artikel tentang Cara Membersihkan Kaca Helm Bebas Goresan. Metode ini bisa digunakan mulai kaca helm putih, bening hingga yang pelangi baik itu di helm full face ataupun bogo. Selalu jaga kebersihan helm anda demi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Untuk kotoran menggangu semacam kerak pada kaca, kemungkinan disebabkan oleh debu yang bercampur dengan air hujan. Kasus semacam ini lebih sering terjadi pada kaca mobil yang sudah dibahas di Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.