Cara Menghilangkan Bekas Stiker

cara menghilangkan bekas stiker

Stiker adalah tempelan berupa tulisan atau gambar dengan perekat di salah satu sisinya. Kita sering menemui stiker menempel pada body motor, laptop, botol dan toples plastik. Kebanyakan ditemui sebagai label merk dagang suatu produk.

Apabila kita mencopot stiker, bisa dipastikan akan tertinggal sisa lem. Pada permukaan benda apapun, adanya sisa stiker ini jelas mengganggu. Tidak mudah melakukan cara menghilangkan bekas stiker, sisa lem nya sangat lengket. Tapi bukan berarti mustahil membersihkannya. banyak kok yang bisa dipakai mulai dari poduk pembersih yang mahal sampai yang alami.

Cara Menghilangkan Bekas Stiker

Sederhananya kita bisa mengikis sisa sisa stiker dengan tangan. Jika terasa sulit, bisa membasahi bagian lengket dengan larutan cuka. Untuk lengket bekas stiker membandel, gunakan lebih banyak cuka dan diamkan sekitar 30 menit. Setelah itu coba dikikis lagi, pastinya lem bisa hilang dengan mudah.

Selain cuka banyak sekali bahan yang bisa digunakan, sebut saja alkohol, minyak zaitun, aseton, hand lotion ataupun . Sebelumnya pastikan dulu ketahanan permukaan dimana ada bekas lem stiker, misal saja jangan gunakan cairan berminyak pada benda berpori atau aseton ada stiker di body motor dan kayu bercat.

Disarankan mengikis sisa lem dengan benda yang tipis, kuat namun tidak tajam. Benda berbahan plastik lebih dianjurkan, misal saja kartu ATM lama dan bekas kartu perdana. Hindari pakai pisau ditakutkan nanti malah meninggalkan baret.

Berikut ini adalah penjelasan bagaimana cara menghilangkan bekas stiker,

1. Merendam dalam Air Hangat dan Sabun

Trik sangat efektif digunakan untuk membersihkan tempelan stiker pada botol, toples plastik, silikon hp ataupun benda kecil berstiker lainnya. Jadi nanti kita bisa merendam benda tersebut ke dalam air sabun. Hasilnya lem stiker lebih cepat dibersihkan tanpa bekas.

Kelengketan lem bisa dikurangi di suhu panas, inilah kenapa disarankan memakai air hangat ketika perendaman. Makin panas sebenarnya makin bagus, sesuaikan saja dengan ketahanan bahan yang dibersihkan.

Alat dan Bahan:

  • Botol dengan tempelan stiker
  • Sabun cuci piring
  • Air hangat
  • Bekas kartu perdana
  • Cuka
  • Kain bersih
  • Mangkuk besar

Langkah:

  1. Tuangkan air hangat ke dalam mangkok besar lalu tambahkan sabun, aduk aduk hingga tercampur dan sedikit berbuih
  2. Masukkan botol, usahakan bagian berstiker terendam sepenuhnya
  3. Diamkan sekitar 45 menit atau lebih lama, seharusnya sisa stiker sudah terlepas dengan sendirinya
  4. Gosok gosok bekas stiker dengan bekas kartu perdana hingga bersih
  5. Sampai disini seharusnya hanya tersisa sedikit lem saja, oleskan cuka dan gosok dengan kain hingga 100% bersih

Trik ini bisa juga dipakai sebagai penghilang sisa lem stiker di bahan kain seperti baju dan kaos. Sedangkan untuk membersihkan stiker pada baju (lebih dikenal sablon), selengkapnya baca di Cara menghilangkan sablon.

cara membersihkan bekas stiker di motor
© diambil dari pxhere.com

Dari semua cara menghilangkan bekas stiker dalam artikel ini, sabun air hangat ini paling dianjurkan karena mudah didapatkan dan paling murah. Cocok sekali menghapus stiker yang luas, misal saja stiker dinding yang mulai diminati beberapa tahun terakhir.

2. Dengan Cuka

Berkat sifat asamnya, cairan yang sering bumbu masakan ini sering dipakai sebagai pembersih yang efektif. Tapi perlu diingat cuka bisa menyebabkan korosi pada besi, aluminium, keramik dan marmer. Hindari penggunaan cuka pada permukaan tersebut.

Alat dan Bahan:

  • Cuka
  • Bekas kartu perdana
  • Air dan kain bersih

Langkah:

  1. Basahi permukaan yang ada bekas stikernya dengan cuka
  2. Diamkan sekitar 30 menit agar terjadi reaksi antara asam dan sisa lem
  3. Gunakan bekas kartu perdana untuk mengikis lem stiker
  4. Bilas dengan air lalu keringkan dengan lap

Selain cuka, kita juga bisa memanfaatkan banyak cairan bersifat asam misal perasan lemon untuk merontokkan bekas stiker.

3. Mengoleskan Minyak Zaitun

Cairan berminyak ini bisa diaplikasikan pada permukaan yang sensitif misal di body motor, sepeda, mobil, kulkas, plastik, laptop dan helm. Minyak dirasa cukup aman dan tidak tanpa merusak cat.

Sifat minyak yang licin membantu kita mengikis sisa lem tanpa menyebabkan goresan pada benda. Selain minyak zaitun kita bisa menggunakan berbagai jenis minyak seperti minyak goreng, baby oil, minyak sayur dsb.

Alat dan Bahan:

  • Minyak zaitun
  • Bekas kartu perdana

Langkah:

  1. Pertama tama oleskan minyak pada bekas stiker hingga rata
  2. Diamkan beberapa menit sampai minyak membasahi sisa lem
  3. Gunakan bekas kartu perdana untuk membersihkan lem lem yang tersisa
  4. Setelah bersih tinggal dibilas pakai air bersih

Pada permukaan yang tidak mendatar, minyak pasti akan menetes ke bawah. Gunakan kain bersih lalu celupkan pada minyak, tempelkan kain pada benda tersebut.

4. Menggunakan Alkohol

Alkohol cukup aman dipakai untuk membersihkan bekas stiker. Alasannya karena alkohol cepat kering dan tidak akan membekas.

Alat dan bahan:

  • Alkohol
  • Kain bersih

Langkah:

  1. Basahi kain dengan alkohol
  2. Gunakan kain itu untuk mengosok bekas stiker
  3. Ulangi proses 1 – 2 hingga sisa lem benar benar hilang 100%

5. Memakai Aseton

Trik ini cukup efektif sebagai cara menghilangkan bekas stiker di kaca, baik itu kaca mobil, botol kaca atau jendela rumah. Aseton sendiri sering digunakan untuk menghapus kuteks. Dibandingkan dengan kuteks, bekas stiker jelas tidak ada apa apanya.

cara menghilangkan lem bekas stiker
© diambil dari pxhere.com

Perlu diingat aseton ini dapat melarut semua yang berbahan dasar plastik, termasuk cat. Tidak sampai melarutkan jadi cair tapi kalau kena aseton cat pasti memudar. Jadi pastikan betul kalau permukaan yang ada sisa stiker, tahan dengan bahan kimia ini.

Alat dan Bahan:

  • Aseton
  • Kapas
  • Kain
  • Air

Langkah:

  1. Celupkan kapas pada aseton
  2. Oleskan kapas beraseton pada permukaan bekas stiker.
  3. Ditunggu dulu beberapa menit agar aseton bereaksi pada lem
  4. Gunakan kain untuk mengosok sisa lem
  5. Setelah bersih, gunakan air untuk menghilangkan sisa aseton
  6. Lap hingga kering

Jika selama proses, aseton kena dashboard mobil, segera mungkin dilap dengan kain dan dibilas pakai air bersih. Dengan begini resiko cat rusak bisa diminimalisir.

6. Menggunakan Produk Adhesive Remover

Ada juga yang menyebutnya pembersih lem. Dari namanya jelas produk ini dikhususkan untuk menghilangkan bahan perekat. Biasanya dipakai pada usaha pencucian mobil untuk menghilangkan aspal menempel, getah, bekas lem dan kotoran lengket lainnya.

Sama hanya dengan aseton, produk satu ini bersifat pelarut jadi perlu hati hati saat menggunakan.

Alat dan Bahan:

  • Adhesive Remover
  • Kain

Langkah:

  1. Taruh kain di sekitar bagian berstiker, untuk mencegah menempel kemana mana.
  2. Semprotkan pembersih lem ini pada bekas stiker hingga rata
  3. Diamkan dalam beberapa menit
  4. Gunakan kain lain untuk mengosok gosok sisa lem.
  5. Ulangi semprot dan gosok beberapa kali hingga bersih

7. Menggunakan Selotip

Bagi yang ragu memakai cairan di atas karena takut bikin buram maka bisa menggunakan trik selotip. Teorinya gini, kita akan menempel selotip baru pada bekas stiker lalu menariknya lagi. Dengan harapan bekas stiker akan ikut terlepas bersama selotip.

cara membersihkan bekas stiker di kaca mobil
© diambil dari bestandworstever.blogspot.com

Jenis selotip kertas dapat dibilang paling bagus karena lebih mudah dilepaskan kembali, kalau lakban nanti malah meninggalkan bekas lem baru.

Jurus tambahan yang dapat dicoba adalah memanaskan bekas stiker terlebih dahulu. Hasilnya daya rekat stiker berkurang dan lebih mudah ikut tertarik selotip.

Alat dan Bahan:

  • Selotip kertas
  • Kain bersih

Langkah:

  1. Tempelkan selotip pada bekas stiker
  2. Pastikan menempel kuat lalu lepaskan dengan cepat
  3. Ulangi beberapa kali hingga benar benar bersihButuh kesabaran ekstra, apalagi jika stiker menempel kuat

Pastinya banyak yang berkomentar kalau teknik X bekerja dengan baik namun kadang ada yang menyangkalnya. Keduanya pendapat ini bisa saja benar. Pada dasarnya susah gampang melepas bekas stiker itu tergantung jenis jlem stiker dan dimana dia menempel.

Sekian artikel tentang Cara Menghilangkan Bekas Stiker 100% Tanpa Sisa. Kalau yang paling murah dan gampang didapatkan jelas air sabun hangat. Sedangkan masalah keefektifan bisa memilik aseton, adhesive remover dan alkohol. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.