Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan

cara menghilangkan embun didalam jam tangan

Jam tangan berembun adalah salah satu masalah yang menjengkelkan. Kita tidak dapat mengatasinya dengan hanya menggelap, karena si embun ini ada “di dalam kaca” bukan menempel di luar. Terus kalau begini bagaimana cara menghilangkan embun di jam tangan?

Bingung? Kok bisa? Padahal jam tangan sudah water resistant, semua tertutup rapat.

Ternyata embun dapat muncul karena udara dengan kelembaban tinggi (berisi uap air) masuk melewati celah di bodi jam tangan dan terperangkap di dalamnya.

Saat suhu di sekitar menurun, uap air akan mengembun dan menempel di kaca jam. Di siang hari embun lenyap karena menguap kembali. Tidak heran banyak orang yang cuek dengan masalah ini, toh nanti si embun bakal ilang dengan sendirinya.

Sebenarnya kehadiran embun adalah pertanda ada celah kecil pada jam tangan. Bayangkan jika tidak di atasi, makin banyak uap air yang masuk dan ditakutkan akan merusak komponen jam tangan.

Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan

Teorinya, kita akan memanaskan embun agar menjadi uap dan membiarkannya keluar lewat celah dimana dia masuk. Selanjutnya tinggal mengencangkan skrup pada jam tangan dengan harapan jalan masuk uap air tertutup.

cara menghilangkan embun pada jam tangan
© diambil dari pxhere.com

Ada beberapa metode berbeda yang bisa dicoba sendiri di rumah dengan mudah. Berikut cara menghilangkan embun di jam tangan yang sudah terbukti efektif,

1. Menggunakan Beras

Coba rendam telapak tangan anda di dalam beras beberapa menit, pasti akan terasa hangat. Dengan kehangatan alami dari beras, kita akan mengatasi jam tangan berembun. Beras yang dipakai harus benar benar kering.

Persiapan:

  • Wadah tertutup misal toples/ tupperware
  • Beras yang cukup untuk merendam jam tangan

Langkah:

  1. Masukkan beras hingga mengisi separuh toples
  2. Benamkan jam tangan berembun ke dalam beras dalam keadaan terbaik. Posisi kaca di bawah, tujuannya agar nanti kalau embun menetes tidak mengenai dialnya
  3. Masukkan sisa beras ke dalam toples, tutup hingga rapat
  4. Diamkan sekitar 6 jam, setelah itu angkat kembali
  5. Kencangkan sekrup jam tangan

2. Menggunakan Silica gel

Silica gel adalah butiran butiran berpori yang digunakan untuk menyerap udara lembab. Biasanya dibungkus dengan kertas dengan tulisan “silica gel do not eat”. Sering ditemui dalam kardus sepatu, tas bahkan botol vitamin.

cara menghilangkan embun di jam tangan permanen
© diambil dari flickr.com

Kita bisa membeli silica gel di toko kimia, kadang di toko elektronik juga. Ada yang jual kiloan, ada yang dalam kemasan kecil @2 gram.

Persiapan:

  • Silica gel secukupnya
  • Wadah tertutup misal toples

Langkah:

  1. Masukkan jam tangan ke dalam toples dengan posisi kaca di bawah
  2. Masukkan setidaknya 2 bungkus silica gel
  3. Tutup toples rapat rapat
  4. Diamkan semalaman, seharusnya embun dalam jam tangan sudah menghilang
  5. Mengencangkan sekrup di bodi jam

Kedua cara menghilangkan embun di jam tangan di atas sudah terbukti efektif. Bedanya kalau dengan beras itu murah dan mudah didapatkan. Sedangkan dengan silica gel lebih sulit didapatkan namun hasilnya lebih baik.

3. Dijemur di Bawah Sinar Matahari

Salah satu cara yang cukup efektif adalah menjemur jam tangan, panas alami dari matahari akan membantu embun menguap dan keluar dari dalam jam tangan.

Caranya sederhana cukup jemur di tempat yang kering hingga embun menghilang. Jangan lupa bersihkan jam tangan dari debu yang mungkin menempel selama penjemuran.

4. Ditaruh pada tempat Hangat

Kasus jam tangan berembun sering terjadi di musim penghujan, jadi kadang kita tidak bisa memanfaatkan sinar matahari.

Alternatif yang bisa dipilih adalah panas dari alat elektronik, jelas kita tidak perlu suhu tinggi seperti setrika ataupun oven. Hair dryer juga tidak disarankan karena cara kerjanya yang meniupkan udara panas, takutnya nanti embun terdorong masuk ke dial.

Cukup manfaatkan panas buangan yang hangat misal,

  • Kulkas
    Lemari pendingin akan mengeluarkan suhu panas di belakangnya, taruh jam tangan dalam keadaan terbalik di sana
  • Magic com
    Taruh jam tangan pada tutup luar magic com, sebaiknya jauhkan dari lubang pembuangan uap air.Jadi bukan dimasukkan kedalamnya ya, nanti malah makin berembun karena nasi itu cukup lembab
  • Lampu
    Lampu selain menerangi kegelapan juga bisa menghangatkan. Gunakan lampu belajar atau lampu tidur untuk menyinari jam tangan. Usahakan posisinya didekatkan agar lebih hangat

Sebaiknya hindari mengatasi jam tangan berembun dengan panas api secara langsung. Trik memakai lilin, kompor ataupun api unggun terlalu beresiko. Apalagi kita tahu, pada proses pembakaran akan mengeluarkan asap yang bisa membuat kaca jadi buram. Bukan tidak bisa tapi banyak cara yang lebih efektif.

penyebab jam tangan berembun
© diambil dari pxhere.com

Itulah keempat cara menghilangkan embun di jam tangan, setelah uap air menghilang hendaknya gunakan obeng kecil untuk mengencangkan sekrup pada bodi jam tangan. Ini penting agar celah masuk uap air tertutup.

Andai nanti masih muncul embun berarti kita gagal menutup celah yang bisa dilalui uap air, bisa jadi karet elastis sudah rusak. Mungkin juga ada udara lembab yang masih terperangkap dalam mesin.

Cara membuka jam tangan itu cukup ribet karena ukuran sekrup yang kecil. Jika tidak punya alat yang memadai, lebih baik menyerahkan perbaikan arloji kepada para ahli. Tentunya agar nanti bebas embun permanen.

Penyebab Jam Tangan Berembun

Kasus embun mengganggu ini sering terjadi ketika jam tangan tidak sengaja tercebur dalam air. Bisa juga kita lupa masih memakai jam tangan ketika cuci tangan/ berwudhu. Pastinya kita tidak akan bingung karena jelas 100% penyebabnya adalah air yang masuk ke dalam. Penanganan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat.

Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan
© diambil dari pxhere.com

Namun andaikan embun tiba tiba muncul, padahal pemakaian jam tangan hanya untuk sehari hari tanpa terkena air sedikutpun, pasti membuat kita bertanya tanya.

Begini penjelasannya, apabila anda kerja di ruang ber AC, naik gunung atau musim hujan, udara yang memiliki tingkat kelembaban tinggi akan masuk ke dalam lalu mengembun. Kebanyakan hal ini terjadi diakibatkan karet O ring, si karet pelindung tahan air mulai rusak. Akhirnya ada celah pada bodi jam tangan.

Karet elastis ini tidak bisa diperbaiki, harus diganti dengan yang baru. Agar awet semestinya hindarkan jam tangan dari bahan yang dapat merusaknya misal minyak, garam dan juga sabun. Faktor usia juga dapat mempengaruhi si karet kedap air.

Selain itu perhatikanlah spesifikasi jam tangan yang anda miliki, jika belum “water resistant” sepatutnya selalu menghindari air. Yang sudah anti air pun harus hati hati pula, setiap jam diproduksi dengan tingkatan water resistant tertentu. Selengkapnya dijelaskan di bawah ini,

Sekilas Tentang Water Resistant

Banyak orang yang yakin banget kalau jam tangannya tidak akan kemasukkan air meskipun dipakai ketika berenang. Alasannya karena sudah memiliki tanda “water resistant”. Ditambah lagi jam tangan tersebut bermerk dengan harga yang mahal.

Begitulah pemikiran sebagian besar dari kita, misal jam tangan water resistant 30 m. Kita menganggap aman jika dipakai menyelam 30 meter di bawah air laut. Padahal aslinya bukan begitu, jam tangan ini hanya tahan cipratan air/ tetes hujan saja.

cara menghilangkan embun didalam jam tangan dengan cepat
© diambil dari pxhere.com

Prosedur pengujian ISO untuk ketahanan jam terhadap air sangat ketat namun tidak diuji langsung.

Misal ketika menguji 50 m, penguji sebenarnya tidak menyelam 50 meter di bawah permukaan air. Proses hanya dilakukan di laboraturium dengan tes tekanan air statis dan perendaman hanya 10 cm selama 1 jam. Hasil pengukuran ditunjukkan dalam satuan atmosfer (atm).

Tentu hasilnya bisa berbeda dengan saat kita berada di pantai, kolam renang ataupun air keran mengalir. Tekanan dari air yang bergerak memiliki tekanan mungkin lebih besar.

Berikut adalah penjelasan tentang ketahanan water resistant diambil dari wikipedia,

  • Water resistant 30 m 3 atm
    Bisa digunakan untuk sehari hari, hanya tahan terhadap cipratan air dan hujan
  • Water resistant 50 m 5 atm
    Bisa digunakan untuk renang, mandi, rafting dan memancing
  • Water resistant 100 m 10 atm
    Bisa digunakan untuk snorkeling, berski dan olahraga air lain
  • Water resistant 200 m 20 atm
    Bisa digunakan untuk skin diving dan olahraga air yang lebih serius
  • Diver
    Jenis ini sudah memenuhi standar ISO 6425 dan bersertifikat sampai kedalaman tertentu. Jadi sudah bisa digunakan untuk menyelam, apalagi jamnya mampu menoleransi air garam, magnet dan tahan kejut

Sekian artikel tentang Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan Ampuh. Simpel sekali bukan? Kalau masalahnya cuma embun saja masih gampang. Kalau air yang masuk jelas beda cerita, kita mesti membuka kaca jam tangan sekalian cover belakang. Baru selanjutnya dibersihkan total. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.