Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

cara menghilangkan jamur kaca mobil

Cara menghilangkan jamur kaca mobil itu susah susah gampang. Salah sedikit saja bisa membuat kaca lecet bahkan bisa buram.

Berjamurnya kaca pada mobil tentu akan mengurangi keindahan si mobil itu sendiri. Jika jamur ada di kaca mobil depan, wah lebih berbahaya lagi karena jarak pandang terhalang jamur yang tertempel.

Jamur disebabkan oleh air hujan yang bercampur dengan debu, air menguap dan yang tertinggal adalah noda seperti kerak. Kita harus membersihkan noda ini secepat mungkin, pasalnya makin kering makin susah untuk dibersihkan.

Bagaimana kalau terlanjur kering? Tak perlu khawatir sudah banyak pembersih jamur kaca mobil, mulai dari mahal sampai alami dengan yang murah.

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Tidak disarankan untuk melakukan tutorial ini di siang hari. Sinar matahari yang terlalu panas bisa membuat air cepat menguap dan meninggalkan kerak lagi.

Waktu terbaik adalah di pagi dan sore hari, sesuaikan dengan arah cahaya sang surya.

Alat yang cukup penting untuk membersihkan jamur pada kaca mobil adalah serut kaca/ wiper kaca/ squeegee atau alat pembersih kaca. Dibekali dengan pisau karet jadi kecil kemungkinan sisa air tertinggal setelah proses pembersihan.

penghilang jamur kaca mobil
© diambil dari pxhere.com

Sudah banyak penghilang jamur kaca mobil terbaik di pasaran, namun di tutorial kali ini kita akan fokus membahas bahan alternatif yang bisa dipakai sebagai anti jamur kaca.

Berikut ini penjelasan lengkap bagaimana cara menghilangkan jamur kaca mobil,

1. Menggunakan Campuran Cuka dan Air

Pasti sudah banyak yang tahu bahwa sifat asam dari cuka bisa dimanfaatkan sebagai perontok noda membandel.

Di tangan para ibu, cuka bisa menyulap peralatan dapur kotor menjadi mengkilap kembali. Walaupun harganya murah namun cukup efektif

Alat dan Bahan:

  • Cuka
  • Air
  • Handuk
  • Alat pembersih kaca/ Kain lap kering
  • Lebih baik menggunakan botol semprot (misal bekas pewangi pakaian)

Cara Menghilangkan:

  1. Campurkan cuka dan air dalam botol semprot, disarankan perbandingannya adalah 1 : 1. Namun jika jamur sulit dihilangkan bisa ditambahkan takaran cukanya
  2. Semprotan larutan cuka pada kaca mobil jamuran, pastikan cuka membasahi area yang sangat kotor. Biarkan sebentar agar asam pada cuka bereaksi. Tidak ada salahnya mengulangi beberapa kali di bagian jamur membandel
  3. Basahi handuk dengan larutan cuka, setelah terlihat basah gunakan untuk mengelap semua bagian berjamur. Anda tidak perlu mengosok keras. Permukaan kasar dari handuk sudah cukup mengikis jamur pada kaca mobil yang buram
  4. Setelah itu diamkan beberapa saat agar cuka bereaksi sekali lagi
  5. Sebelum cuka menguap di permukaan kaca, gunakan squeegee untuk menghilangkan sisa cuka dan air agar nanti tidak meninggalkan noda lagi

2. Menggunakan Perasan Lemon

cara menghilangkan jamur kaca mobil dengan odol
© diambil dari pxhere.com

Satu lagi jurus alternatif pembersih jamur pada kaca mobil yang diambil dari dapur.

Lemon adalah salah satu buah yang dikenal dengan sifat asam tinggi. Keasaman ini lah yang dimanfaatkan untuk membersihkan jamur kaca mobil.

Alat dan Bahan:

  • Lemon
  • Kain lap/ wiper kaca
  • Air bersih

Langkah:

  1. Pertama, guling gulingkan lemon maju mundur pada permukaan rata (misal meja) sambil ditekan dengan tangan. Tujuannya agar lebih mudah diperas dan mengeluarkan banyak air
  2. Belah lemon jadi dua, ambil satu sisi lalu gosokkan pada kaca berjamur. Lakukan gerakan menekan nekan agar air lemon keluar dan membasahi kaca mobil
  3. Diamkan beberapa saat agar asam bereaksi dengan jamur membandel.
  4. Bilas kaca dengan air bersih lalu gunakan wiper kaca agar tidak ada sisa lemon yang tertinggal.

3. Menggunakan Pasta Gigi

Berbeda dengan dua cara menghilangkan jamur kaca mobil di atas yang memakai senyawa asam, kali ini kita memakai bahan bersifat basa.

Pasta gigi atau odol tidak hanya berfungsi untuk membersihkan gigi, ternyata bisa lho untuk mengatasi kaca mobil yang buram akibat jamur.

Alat dan Bahan:

  • Pasta Gigi
  • Air
  • Sikat gigi bekas
  • Wiper kaca/ kain lap bersih

Langkah:

  1. Lebih baik campurkan pasta gigi dengan sedikit air supaya lebih mudah diaplikasikan pada kaca.
  2. Oleskan pasta gigi di area yang berjamur dan diamkan beberapa saat
  3. Setelah itu gunakan sikat gigi bekas untuk mengosok pasta gigi bersama dengan kerak air
  4. Bilas sisa odol dengan air bersih, ulangi proses 2 – 3 apabila masih ada jamur pada kaca mobil
  5. Gunakan wiper kaca untuk menghapus sisa sisa air

Di dunia otomotif masalah kaca berjamur juga muncul pada helm sepeda motor, salah satu tips untuk mengatasinya bisa dengan pasta gigi. Untuk langkah lengkapnya bisa baca di Cara Membersihkan Kaca Helm.

4. Menggunakan Baking Soda

Baking soda atau Natrium bikarbonat merupakan senyawa kimia basa yang sering dipakai untuk membuat kue. Karena sifat basanya baking soda sering digunakan untuk metode alternatif membersihkan perabotan kotor.

Alat dan Bahan:

  • Baking soda
  • Air
  • Wiper kaca
  • Kain lap

Langkah:

  1. Pertama basahi permukaan kaca mobil berjamur dengan air hingga merata. Hal ini dilakukan agar baking soda yang berbentuk bubuk bisa menempel
  2. Sebarkan baking soda pada kaca hingga tertempel
  3. Gunakan kain lap untuk mengosok gosok kaca mobil hingga jamur rontok
  4. Jika belum bersih bisa diulangi proses 1 – 3. Selanjutnya bilas kaca menggunakan air bersih
  5. Gunakan wiper kaca untuk menghilangkan sisa sisa air dan baking soda

5. Menggunakan Produk Pembersih Kaca

membersihkan jamur kaca mobil dengan kit
© diambil dari pixabay.com

Dewasa ini sudah banyak sekali penghilang jamur kaca mobil yang bisa dibeli dengan mudah. Kita tinggal pilih mau merk yang mana.

Di Indonesia yang paling terkenal adalah C*ling, K*t, Mr.M*scle dan masih banyak lagi. Cairan pembersih kaca ini biasanya dijual dalam botol semprot, jadi lebih mudah pengaplikasiannya.

Alat dan Bahan:

  • Cairan pembersih kaca
  • Wiper kaca
  • Air
  • Kain bersih

Langkah:

  1. Sebaiknya dibaca terlebih dahulu petunjuk pemakaian produk.
  2. Semprotkan obat pembersih kaca mobil berjamur, jaga jarak agar tidak terkena mata
  3. Gunakan wiper kaca untuk membersihkan jamur bersama cairan pembersih
  4. Gunakan kain lap yang masih bersih untuk menghapus sisa sisa pembersih

Itulah keempat cara menghilangkan jamur kaca mobil yang bisa dicoba. Untuk menghindari munculnya kerak air mirip jamur, kita harus menjaga kebersihan sesering mungkin.

Kasus jamur ini paling sering muncul karena air yang bercampur dengan debu. Oleh karena itu jika terlihat ada kotoran di kaca, segera mungkin membersihkan dengan air dan kain halus.

Apakah ini benar Jamur?

Ketika melihat noda kerak berwarna putih di kaca mobil, pasti kebanyakan masyarakat Indonesia menyebutnya dengan jamur.

Tapi penggunaan nama jamur ini sebenarnya tidak benar, sebab belum tentu ada micro organisme di sana. Kadang memang ada tapi banyak yang hanya debu menempel.

Faktanya kerak pada kaca mobil itu adalah sisa bahan mineral yang menempel.  Percaya atau tidak, ternyata istilah jamur ini hanya di Indonesia saja.

Produk pembersih kaca untuk mobil dari luar negeri tidak ada yang bernama pembersih jamur (fungi), adanya water spot atau mineral deposit removal.

Kecil kemungkinan jamur tumbuh di kaca, kalau di dalam mobil sih bisa misal pada kabin atau jok.

pembersih jamur kaca mobil
© diambil dari pxhere.com

Faktor apa saja yang bisa membuat munculnya jamur pada kaca mobil, berikut ini jawabannya,

  • Cuaca yang tidak menentu
    Yang paling sering menyebabkan jamur pada kaca mobil adalah perubahan cuaca yang dratis. Misalkan saja ketika kita menggunakan mobil untuk menerjang hujan, di tengah perjalanan tiba tiba panas. Debu kotoran pasti mudah menempel pada sisa air hujan di kaca, ketika air menguap akan tertinggal kerak putih. Apalagi kita tahu air hujan ini tidak sebersih air PDAM. Kasus kerak akibat hujan paling sering terlihat pada kaca wiper mobil
  • Mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung
    Setelah kita mencuci mobil pada siang hari, kadang tertinggal bercak putih di kaca mobil. Di bawah panasnya sinar matahari, campuran air dan shampo mobil akan cepat mengering. Akhirnya kerak menempel kuat dan tidak akan larut ketika proses pembilasan. Alasan ini jugalah mengapa kita dilarang mencuci mobil ketika keadaan masih panas
  • Buruknya kualitas air yang dipakai
    Seperti kita ketahui, dalam air terkandung banyak mineral. Terlebih lagi jika anda menggunakan air tanah, kandungan zat kapur nya sangat tinggi dan terkadang juga terdapat besi kuning serta air garam. Air tanah sangat rentan meninggalkan bercak jamur pada kaca mobil, oleh karena itu disarankan untuk pakai air PDAM saja.

Kasus kerak air ini tidak hanya muncul pada mobil saja lho, kita bisa menemukan si water spot di semua jenis kaca.

Tidak percaya? Silahkan lihat kaca jendela luar yang jarang dibersihkan, pasti terlihat noda kotor yang tertempel. Untuk penanganan sama dengan cara menghilangkan jamur kaca mobil di atas.

Mencegah Kerak Jamur Kaca Mobil

Seperti peribahasa “Lebih baik mencegah dari pada mengobati”, kasus jamur membandel ini sebenarnya bisa dicegah sedini mungkin lho.

  • Jangan Biarkan Kaca Terlalu Lama Basah
    Makin lama kaca basah, semakin banyak debu yang menempel dan meninggalkan noda kerak ketika air menguap. Jika terpaksa basah karena hujan bisa diberi pertolongan pertama dengan kain lap. Ketika ada waktu luang barulah mobil di bawa ke salon mobil
  • Bersihkan Jamur Secepatnya
    Makin lama kaca mobil berjamur, makin susah pula untuk dibersihkan. Oleh karenanya segera mungkin bersihkan jamur ketika mulai terlihat. Caranya cukup dengan larutan cuka saja, semprot dan lap
  • Parkir Mobil di Tempat yang Beratap
    Selalu parkir mobil anda di tempat tertutup, jadi jika hujan sewaktu waktu tidak akan basah
  • Gunakan Cairan Pembersih Wax
    Wax adalah produk yang sering digunakan untuk mengubah kaca mobil buram menjadi kinclong seperti baru kembali. Jenis pembersih ini akan memberikan lapisan lilin tipis pada kaca sehingga tidak mudah basah ataupun ditempeli debu. Cocok sekali digunakan untuk menghadapi musim penghujan

Sekian artikel tentang Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil. Metode ini bisa digunakan baik itu kaca depan, jendela samping bahkan pada spion. Walaupun bagian dalam tidak berjamur, tidak ada salahnya untuk membersihkannya pakai pembersih jamur kaca mobil. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.