Cara Menggunakan Wantex Tidak Luntur

Cara Menggunakan Wantex

Pakaian jeans memiliki bahan yang tahan hingga bertahun-tahun. Tidak heran jika warna akan memudar lebih dulu meskipun bahan masih bagus. Kalau masih muat dipakai, mending diwarnai kembali.

Salah satu jurus paling ampuh untuk mengembalikan warna celana jeans hitam yang pudar adalah wantex. Pewarna pakaian populer di Indonesia yang terbukti aman dan tidak luntur asal dilakukan dengan cara menggunakan wantex yang benar.

Pertama-tama kita siapkan dulu apa saja yang diperlukan untuk cara wantek celana. Persiapan tidak ribet karena kebanyakan alat yang diperlukan pasti dimiliki setiap rumah tangga.

Dimana Tempat Beli Wantex?

Zat pewarna satu ini bisa kalian dapatkan di toko tekstil, penjahit, toko serba ada, online shop atau mungkin ada di warung dekat rumah. Selain wantex ada yang menyebutnya dengan istilah celep, pewarna tekstil atau wenter.

Harga relatif tergantung merk dan berat bahan pewarna. Yang paling terkenal adalah Wantex dari Padi Gunting yang sudah mewarnai celana jeans masyarakat Indonesia sejak tahun 1950. Bisa dibilang merk inilah yang mempopulerkan nama Wantex dibandingkan istilah pewarna tekstil. Lihat saja kemasannya berikut ini,

wantex merk padi gunting tempat jual

Selain Padi Gunting ada banyak merk murah di bawah Rp.5000 seperti Nilon, Kresno dan Jago. Bagi yang punya budget lebih silahkan coba pewarna tekstil yang lebih mahal seperti Dylon dan lainnya. (bukan promosi ya)

Banyak orang menggunakan wantex untuk mewarnai jeans yang pudar. Sayangnya sulit menciptakan warna yang mirip dengan jeans asli, biru dengan sedikit gradasi putih. Hasil dari wantex hanya satu warna saja.

Untuk pilihan warna disarankan hitam yang dapat menutup warna pakaian sebelumnya dengan sempurna. Hitam juga netral dan cocok digunakan untuk apa saja.

Pilih warna yang sesuai dengan bahan, usahakan warna wantex menang dari warna asli. Jika celanamu biru jangan ambil hijau nanti hasilnya tidak akan sehijau harapanmu.

Cara Menggunakan Wantex

Dalam artikel kali ini caramereka.com akan berbagi cara wantex celana jeans warna hitam yang pudar. Merk yang digunakan adalah Padi Gunting dengan berat sekitar 1,5 gram. Menurut aturan pakai cukup untuk pakaian seberat 300 gram dengan air 2 liter. Jeans biasanya lebih dari itu jadi pakai 2 bungkus.

Pakaian yang akan dieksekusi harus dalam keadaan bersih. Hal ini bertujuan agar tidak ada noda/ kotoran bandel yang menyebabkan wantex tidak bisa masuk ke serat kain.

Jenis bahan kain mempengaruhi warna wantex maka sebaiknya dicoba dulu dengan potongan kain dari bahan yang sama untuk menguji apakah warnanya sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Petunjuk di kemasan Padi Gunting

Alat dan bahan:

  • Celana dengan warna pudar
  • Wantex Hitam 2 bungkus (cukup untuk 600gram)
  • Garam 4 sendok teh
  • Kompor
  • Panci atau Wajan yang muat untuk celana + air
  • Pengaduk
  • Ember
  • Air secukupnya

Cara Pemakaian Wantex
Takaran dan petunjuk cara menggunakan wantex diambil dari kemasan Padi Gunting, merk lain mungkin berbeda. Sesuaikan takaran dengan yang ada di kemasan Wantek milik anda sedangkan untuk proses kurang lebih sama.

Cara wantex celana jeans hitam yang pudar
  1. Tuangkan sekitar 4 liter air ke dalam panci.

    Untuk dapat ukuran yang pas, masukkan jeans ke dalam panci lalu tambahkan air hingga jeans terendam. Selanjutnya angkat dan taruh jeans ke dalam ember yang berisi air.
  2. Rebus air dengan api besar hingga mendidih. Tambahkan 2 sendok garam dan 2 bungkus wantex hitam ke panci. Lalu aduk aduk hingga merata. Kecilkan api.

    Penambahan garam dipercaya dapat menjaga suhu agar air tidak mudah menguap. Selain itu garam bisa membuka serat kain sehingga wantex lebih mudah terserap. Beberapa orang juga menyarankan penambahan lilin demi warna yang awet dan tidak mudah luntur.
  3. Masukkan celana jeans ke dalam panci dalam keadaan lembab. Wajib sedikit lembab ya supaya warna lebih mudah terserap kain terutama bagian lipatan-lipatan.
  4. Pastikan seluruh jeans terendam dalam air pewarna. Sedikit tekan-tekan dengan pengaduk agar seluruh permukaan menyerap warna.
  5. Biarkan celana di atas kompor selama 1 jam dengan api kecil. Jaga terus suhu panas air dalam keadaan hampir mendidih.
  6. Bolak-balik dengan pengaduk agar pewarnaan lebih merata, tidak ada belang ataupun warna yang terlalu tebal.
  7. Matikan kompor setelah proses perebusan 1 jam. Proses memang cukup lama agar warna tidak mudah luntur. Angkat celana yang diwarnai dan biarkan hingga dingin.

    Beberapa netizen menyarankan merendam celana dalam panci hingga air dingin. Tujuannya agar warna lebih merekat, cocok bagi yang mewarnai pakaian berbahan tebal.
  8. Cuci celana dengan air mengalir untuk menghilangkan kelebihan bahan wantex yang masih melekat. Ulangi beberapa kali hingga kain benar-benar bersih (pembilasan jangan pakai detergent dan air panas).
  9. Terakhir tinggal diangin-anginkan hingga kering.

Perlu diingat saat pencucian pertama setelah pewarnaan pasti ada luntur yang merupakan sisa-sisa wantex. Selalu pisahkan pakaian tsb hingga pencucian ke 2-3. Nah jika sudah tidak ada luntur bolehlah direndam bersama pakaian lain.

Pengen tahu cara menggunakan wantex ala profesional? Mereka tidak hanya sekedar merendam celana 1 jam namun mencelup dan menarik beberapa kali. Contohnya ada di video di bawah ini! (skip ke menit 4.00)

Hasilnya warna lebih merata dan sangat minim residu bekas wantex yang melekat di pakaian. Bisa kalian coba praktekan sendiri di rumah. Ingat hati-hati air mendidih lho! Nanas.

Bahan Apa Saja Yang Bisa Diwarnai?

Banyak orang yang bertanya apakah jaket, canvas, parasut, chino, sweater rajut, brokat, topi, kaos bersablon, sepatu bisa diwarnai dengan pemakaian wantex di atas?

Lebih baik dicoba sendiri supaya lebih yakin. Gunakan pakaian lama tidak terpakai dengan bahan yang sama dengan yang ingin dieksekusi. Cukup celupkan sedikit ke dalam air rebusan wantex. Apakah kain tersebut tahan panas? Apakah mudah menyerap warna baru?

Menurut si bapak dalam video di atas, nylon tidak bisa sedangkan katun, jeans, drill dan kaos bisa. Wantex tidak akan mewarnai sablon yang ada di kaos, namun suhu perebusan yang terlalu panas bisa merusak sablon.

Akhir Kata

Cara menggunakan wantex cukup panaskan air dalam panci dengan tambahan garam dan perwarna. Selanjutnya celupkan pakaian yang ingin diwarnai. Rendam kurang lebih 1 jam di atas kompor sambil sesekali dibolak balik.

Pemakaian wantex lebih disarankan untuk pakaian berbahan jeans karena mudah menyerap warna dan tahan panas. Dari semua warna yang paling disarankan adalah hitam, bisa digunakan untuk pakaian dengan warna asli apa saja.

Kesalahan yang sering terjadi adalah belang disebabkan karena pengadukan yang kurang merata dan terlalu kuat memeras saat membilas. Selain itu ada warna luntur yang mungkin disebabkan proses ngewantex yang kurang panas ataupun bahan yang sulit menyerap warna.

Wantex bisa dibilang sebagai solusi termurah mengatasi pakaian yang mulai memudar warnanya. Kelemahan metode ini adalah hasil yang lebih cepat memudar dibandingkan aslinya. Jika asli bisa lebih dari 1 tahun, perwarnaan wanteks mungkin hanya 6-8 bulan kalau sering dikenakan.