Cara Menghilangkan Sablon

Cara Menghilangkan Sablon

Sablon adalah sebuah teknik yang untuk mencetak tinta pada bahan dengan gambar/ tulisan yang kita inginkan (wikipedia Cetak Saring). Setelah proses cetak dan dikeringkan, tinta sablon akan melekat kuat pada kain. Meski dipakai dan cuci berulang kali tidak akan merusaknya. Terus apakah ada cara menghilangkan sablon di baju?

Pertanyaan ini sering dikeluarkan oleh pecinta bola yang ingin mengubah desain kaos jersey mereka. Kebanyakan ingin melepas nameset (nama dan nomor punggung) karena sang pemain sudah pindah klub.

Jelas kita tidak bisa mencopot sablon dengan mudah layaknya stiker, ada beberapa trik khusus yang bisa dilakukan. Sebelum itu perlu diingat keefektifan cara menghapus sablon ini tergantung oleh jenis sablon yang digunakan. Perhatikan pula jenis bahan pakaian dimana sablon melekat.

Cara Menghilangkan Sablon

Teknologi sablon makin berkembang banyak sekali jenisnya seperti rubber (sablon karet), plastisol, pigmen, flocking, glitter, poliflex dan masih banyak lagi. Sablon poliflex lah yang saat ini lagi booming bersama dengan merebaknya jersey KW dan GO (biasanya disertai jasa pesan nameset). Cara pemasangan sablon timbul ini dilakukan memakai metode press dengan panas tertentu.

Dalam artikel ini akan dibahas tujuh tips ampuh untuk segala jenis sablon. Sebelum eksekusi, jangan lupa dites terlebih dahulu bagaimana reaksi bahan kaos terhadap bahan yang akan digunakan. Berikut ini adalah bagaimana cara menghilangkan sablon di baju yang benar,

1. Setrika

Ketika menyetrika pakaian seperti kaos jersey atau jaket, pasti kita akan menghindari bagian sablon. Alasannya karena takut sablon akan rusak ketika terkena panas tinggi. Fakta ini bisa kita manfaatkan sebagai cara menghilangkan sablon dengan cepat.

Melepaskan Sablon di Kaos Jersey dengan Setrika
© diambil dari youtube.com sexydoughnuts

Alat dan Bahan:

  • Kaos yang akan dihilangkan sablon
  • Setrika
  • 2 buah kain kering
  • Alkohol
  • Pisau/ Gunting

Langkah:

  1. Panaskan setrika selama kurang lebih 3-5 menit, pengaturan panas sesuai dengan bahan dari baju dimana sablon menempel
  2. Taruh kaos di tempat yang datar dengan sablonan menghadap atas, lebih baik dilakukan di papan setrika.
  3. Masukkan kain kering yang agak tebal ke dalam kaos, tujuannya agar nanti tidak mempengaruhi sisi kaos lain.
  4. Taruh kain kering kedua di atas sablon, tempelkan setrika yang sudah panas selama beberapa detik
  5. Ambil kain kering, oleskan alkohol secara merata pada sablon selagi panas
  6. Sablon akan terlihat mengerut dan pecah pecah, cobalah untuk menarik sablon agar terkelupas (mulai dari pinggir). Gunakan pisau sebagai alat bantu
  7. Ulangi proses langkah 4 – 6 beberapa kali hingga semua sablon terkelupas
  8. Oleskan alkohol di bagian bekas sablon untuk menghilangkan lem yang tersisa, gosok dengan kain kering
  9. Langkah terakhir adalah mencuci pakaian seperti biasa untuk melarutkan alkohol dan sisa sablon

Siapkan satu kain kering yang nanti ditaruh di antara sablon dan setrika, dengan begini sablon karet tidak akan menempel di setrika. Untuk mengurangi kelengketan sablon, kita bisa pakai alkohol (alternatifnya minyak kayu putih). Sedangkan untuk membantu mengelupas sablon dari kaos bisa menggunakan pisau/ gunting.

Pada jersey bola berbahan polyester sebaiknya jangan gunakan panas terlalu tinggi karena kain ini mudah mengkerut. Tidak ada salahnya dites terlebih dahulu reaksi pakaian terhadap panas.

Cara menghilangkan sablon dengan setrika ini paling disarankan karena tidak terlalu beresiko. Alat alat yang dibutuhkan juga pasti dimiliki setiap rumah tangga. Alternatif lain yang dapat dicoba adalah menggunakan hair dryer dan catokan rambut.

© diambil dari youtube.com sexydoughnuts

2. Poliflex Remover

Belakangan ini ada produk bernama Poliflex Remover, seperti namanya lebih cocok menghilangkan sablon jenis poliflex. Kelebiha dari produk ini adalah cara penggunaan yang mudah dan tidak berbahaya. Kekurangannya harga mahal dan hanya bisa untuk beberapa kali pemakaian saja. Sebotol berisi 330 ml dihargai 100 ribu rupiah.

Alat dan Bahan:

  • Kaos bersablon poliflex.
  • Poliflex Remover

Langkah:

  1. Pertama kocok bootl poliflex remover.
  2. Balik kaos lalu semportkan tepat dibelakang gambar sablon.
  3. Kelupas sablon poliflex secara perlahan, tambahkan semprotan jika diperlukan.

Perlu diingat produk ini diperuntukkan untuk jenis sablon poliflex. Untuk jenis sablon lain kurang efektif sehingga tidak disarankan. Kalian bisa membeli via marketplace online seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak, di toko offline masih jarang yang menyediakan.

3. Bensin

Pernahkah tangan anda terkena bahan lengket seperti lem super, permen karet, cat, sticker, ataupun getah nangka?

Orang tua jaman dulu pasti menyarankan pakai bensin untuk mengatasinya. Beberapa orang sudah membuktikan keampuhan cara menghilangkan sablon dengan bensin. Bahan bakar lain seperti pertalite, pertamax, minyak tanah bahkan minyak kayu putih pun bisa dipakai.

cara menghapus sablon dengan bensin

Alat dan Bahan:

  • Baju dengan sablon yang akan dihapus
  • Bensin
  • 2 buah kain kering
  • Gunting/ pisau

Langkah:

  1. Pertama balik kaos, ingat ingat dimana letak sablon
  2. Taruh kain kering di dalam kaos agar bensin tidak rembes kemana mana
  3. Oleskan bensin tepat bagian belakang sablon
  4. Diamkan sebentar sampai bensin kering
  5. Cobalah untuk mengelupas sablon menggunakan pisau/ gunting
  6. Ulangi proses 3 – 5 jika sablon belum bisa terkelupas sepenuhnya
  7. Cuci kaos hingga bersih, tambahkan banyak pewangi agar bau bensin hilang

Tips kali mungkin tidak seefektif penggunaan setrika, apalagi jika sablon menempel sangat kuat. Tidak ada salahnya mengkombinasikan metode bensin dan setrika agar hasilnya lebih baik. Jadi si bensin dipakai sebagai alternatif alkohol dari metode pertama.

4. Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian terkenal sebagai perontok noda membandel yang sangat ampuh. Dan percaya atau tidak, penggunaan pemutih dapat melunturkan gambar sablon di kaos. Dari sini kita dapat ide menghilangkan sablon dengan pemutih.

Alat dan Bahan:

  • Kaos putih yang akan dihapus sablonnya
  • Pemutih pakaian
  • Detergen
  • Air panas

Langkah:

  1. Masukkan air panas ke dalam ember, pastikan air cukup untuk merendam kaos
  2. Tambahkan satu genggam detergen dan pemutih pakaian 100 ml, aduk agar semua bahan larut
  3. Oleskan pemutih pada sablon lalu rendam kaos ke dalam air, diamkan sekitar 5 menit
  4. Kucek kucek kaos terutama bagian bersablon. Coba untuk melepaskan sablon dengan kuku, jika belum oleskan pemutih dan rendam kembali
  5. Ulangi tahap 3 – 4 hingga sablon bisa terlepas
  6. Cuci kaos putih seperti biasa hingga bersih

Sayangnya trik tersebut cuma bisa dipakai pada kaos putih, tidak bisa untuk kaos hitam dan warna lain. Perlu diperhatikan, bagi yang memiliki kulit sensitif sebaiknya menggunakan sarung tangan karet. Bahan kimia dari pemutih bisa mengakibatkan gatal gatal pada sebagian orang.

5. Cairan M3 (M Tiga)

Salah satu cara melepas sablon di baju secara kimia yang paling populer adalah pakai cairan M3 (Solvent Based). Larutan kimia ini mirip dengan thinner (pelarut) namun digunakan dalam proses sablon.

Kita bisa membelinya di toko perlengkapan alat sablon ataupun membelinya secara online di toko online favorit anda. Harga 1 Liternya sekitar 35 sampai 40 ribu rupiah.

Cairan M3 dapat memudarkan warna sablon, jadi perlu hati hati agar tidak terkena sablon yang ingin dipertahankan. Tidak ada salahnya menggunakan kain kering untuk menyerap cairan m3 yang rembes.

Sebelum menghilangkan sablon dengan M3 disarankan untuk menggunakan masker agar uap tidak terhirup secara langsung. Jangan sampai kulit anda terkena cairan M3 secara langsung karena dapat menyebabkan iritasi dan gatal gatal.

Menghapus sablon polyflex dengan bensin

Alat dan Bahan:

  • Baju yang akan dihilangkan sablon
  • Cairan M3
  • 2 buah kain kering
  • Pisau atau gunting

Langkah:

  1. Taruh kaos ditempat yang datar, bisa di meja ataupun lantai, sablon menghadap ke atas
  2. Masukkan kain kering di dalam kaos untuk mencegah m3 rembes ke sisi lain
  3. Ambil kain kering lain, basahi dengan cairan m3
  4. Usapkan kain basah ke bagian sablon yang ingin dikelupas
  5. Diamkan beberapa saat agar terjadi reaksi antara m3 dan sablon
  6. Ketika terlihat mengkerut, gunakan pisau untuk melepas sablon
  7. Ulangi proses 3 – 6 beberapa kali sampai sablon dapat dikelupas semua
  8. Langkah terakhir cara menghilangkan sablon di kaos adalah dengan mencucinya. Lakukan beberapa kali bilas agar 100% bersih. Jangan sampai ada sisa M3 karena bisa bikin gatal gatal.

Larutan satu ini cukup sulit didapatkan dan rasanya sayang kalau beli hanya untuk sekali pakai. Cobalah alternatif lain yaitu thinner seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

6. Thinner

Alternatif dari cairan M Tiga adalah thinner dan paint remover, larutan kimia ini sering digunakan untuk melarutkan cat kayu dan besi. Daya pelarutnya jelas lebih kuat dari M3 yang digunakan untuk sablon. Kalau ingin memakai thinner, coba dulu reaksinya pada kaos anda.

Kelebihan Thinner dibandingkan M3 atau M5 adalah harga yang lebih murah plus lebih mudah didapatkan. Kalian bisa mencari di toko bangunan terdekat.

Alat dan Bahan:

  • Baju yang diingin dihapus sablonnya
  • Thinner Super
  • Gunting atau Pisau
  • Kapas

Langkah:

  1. Balik kaos yang akan dieksekusi.
  2. Tuangkan sedikit thinner pada kapas lalu oleskan tepat dibelakang sablon untuk mengurangi kelekatan lem.
  3. Selanjutnya gunakan gunting untuk mencongkel bagian pinggir sablon. Bisa juga gunakan kuku kalau takut gunting bisa merobek kain.
  4. Ulangi proses 1-3 hingga sablon hilang semua.
  5. Terakhir tinggal cuci kaos dengan air bersih untuk menghilangkan bekas thinner terutama baunya.

Metode dengan bahan kimia ini tidak disarankan, lebih bagus pakai yang alami dan mudah didapatkan seperti metode setrika. Namun kadang kita butuh thinner, m3 atau m5 untuk menghilangkan lem sablon yang sangat kuat seperti Polyflex. Jika thinner dan m5 terbukti dapat menghilangkan sablon, kemungkinan aseton penghilang cat kuku (kutek) juga bisa digunakan.

Lain-lain

Keempat cara menghilangkan sablon di baju ini bisa digunakan pada semua jenis pakaian seperti kaos, jaket, baju, jersey, tas kanvas, kemeja, jilbab, sweater dan topi. Sedangkan untuk sablon yang ada di gelas kaca dan plastik, kita cukup menggunakan bensin dan dikerok dengan pisau.

Menghilangkan Sablon di Kaos
© diambil dari youtube GoBatakTV

Untuk tukang sablon kaos kebanyakan memanfaatkan alat bernama spray gun. Alat ini mengeluarkan tekanan air kuat yang dapat merontokkan sablon/ tinta yang keliru saat proses cetak. Spray gun harganya cukup mahal dan sayang tidak begitu efektif menghapus sablon yang sudah menempel lama.

Cara Menghilangkan Bekas Sablon

Setelah sablon dilepas biasanya ada bekas lem yang membekas seperti bayangan hitam. Sebenarnya noda ini bisa hilang sendiri seiring baju dipakai dan dicuci.

Jika ingin cepat kita bisa menggunakan minyak kayu putih, ulano 8 atau alkohol. Caranya mudah dan cepat, oleskan alkohol pada bagian lem bekas sablon lalu gosok gosok perlahan sampai bersih.

Terus bagaimana jika ada perbedaan warna mencolok antara bagian kaos bekas sablon dan bagian kaos lainnya? Nyatanya ini sering terjadi, warna kaos akan memudar seiring berjalannya waktu. Sedangkan warna bagian yang tertutup sablon lebih awet.

Langkah terbaik untuk mengatasi masalah seperti ini adalah dengan menempelkan sablon baru. Sekarang banyak kok sablon yang dijual terpisah, misal jenis poliflex yang bisa ditempel sendiri dengan setrika. Kita dapat juga menempelkan gambar bordil kalau bagian yang ingin ditutup ukurannya kecil.

Masalah perbedaan warna inilah kenapa disarankan untuk menghapus sablon secepatnya jika memang ada keinginan untuk itu. Apalagi makin lama sablon menempel makin sulit pula dilepas dari kain pakaian.

Akhir Kata

Terbukti cara termudah untuk menghapus sablon di kaos adalah menggunakan setrika. Alasannya karena tidak perlu membeli alat dan bahan khusus. Semua orang pasti sudah punya setrika di rumah masing-masing. Kalau hasilnya lengket silahkan baca artikel Cara Membersihkan Setrika 100% Bebas Lengket.

Penggunaan setrika dinilai tidak terlalu beresiko seperti bahan kimia M3 dan Thinner, tidak berbau seperti bensin ataupun takut melunturkan pakaian seperti Pemutih. Satu-satunya yang harus diperhatikan adalah panas. Tidak semahal poliflex remover yang sampai ratusan ribu.

Sekian artikel tentang Cara Menghilangkan Sablon dengan 7 Metode Ampuh. Anda masih ragu mempraktekkannya? Di jaman now, ada jasa untuk mengganti/ menghilangkan nameset dari kaos jersey. Bisa coba ditanyakan ke tukang sablon terdekat atau cari di google dengan kata kunci “Jasa Remake/ Remove Nameset Jersey”. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.